Saturday, June 13, 2009

Sekedar Shearing Antivirus


Seminggu yang lalu, saya lihat-lihat software disalah satu pusat perbelanjaan di kawasan Lebak Bulus. Banyak sekali software-software bajakan yang dipajang disana, salah satu yang menjadi perhatian saya adalah software yang berisikan kumpulan antivirus… Kebanyakan memang yang shareware, tetapi sudah dicrack sehingga bisa diinstall dikomputer/ laptop anda. Tapi, tahukah anda??? Software antivirus tersebut tidak bisa diupdate, meskipun update secara manual… apalagi kalo updatenya online langsung ke internet… sudah dapat dipastikan pasti diblack list. Karena software tersebut illegal coy,.. Pasti sebagian orang tidak percaya, mereka bilang kan sudah dicrack? Sebelum dilanjutkan, saya bahas dulu apa yang dinamakan dengan crack.

Crack adalah teknik/cara untuk ‘merusak’ program sehingga tidak berfungsi sesuai aslinya. Biasanya yang di ‘crack’ / ‘dirusak’ itu sistem otentikasi (misalnya sistem yang meminta Serial Number, yang memeriksa Copy Protection, yang minta register ke Internet, dan lain sebagaiya), sehingga software tersebut bisa langsung dijalankan tanpa mengikuti prosedur yang seharusnya.
Awalnya, crack itu digunakan oleh pemilik software (asli) untuk mempermudah pemakaian software tersebut. Contohnya, program spreadsheet Lotus 1-2-3 aslinya menggunakan copy protection pada media disket nya, namun kebanyakan pemilik software tersebut, terutama yang menginstall aplikasinya ke Hard Disk, merasa terganggu dengan adanya keharusan memasukkan Disket sebelum menjalankan program. Maka, banyak pemilik produk dari Lotus 1-2-3 tersebut yang menggunakan ‘crack‘ nya supaya disket asli tersebut tidak perlu digunakan lagi saat menjalankan programnya. Saat ini, crack banyak digunakan oleh pembajak software supaya aplikasi-aplikasi yang beredar mudah dibajak. Tentu saja ini melanggar hukum, dan bila ketahuan akan diberikan sangsi. Bahkan di Y!A kita ini, pengedaran program crack illegal juga dilarang, seperti yang bisa dilihat di pedoman komunitas Y!A : http://id.answers.yahoo.com/info/community_guidelines

Istilah Crack yang lain adalah usaha untuk membobol sesuatu. Ini biasanya berkaitan dengan akses ke suatu sistem di Jaringan LAN maupun Internet. Biasanya yang disebut ‘cracking‘ disini adalah usaha membongkar password atau mem-bypass login, sehingga ‘cracker‘ (orang yang meng-crack) bisa masuk kedalam sistem tersebut. Crack ini banyak yang berhasil tetapi tidak sedikitpula yang gagal/ tidak berhasil. Karena, software yang sudah di crack oleh si pembuat software dapat dikenali sebagai pengguna illegal. Jadi ya di blacklist..

Jadi saran saya percuma anda beli antivirus tersebut, tapi tidak bisa di update… Tidak sedikit pula yang menyarankan di forum-forum internet tentang bagaimana menangani software tersebut agar tidak di balcklist !? Bahkan kalo anda sering berburu software bajakan, anda bisa mencari ‘crack’nya di search engine. Cara ini memang tidak saya sarankan ! Kenapa demikian? Karena rentan sekali tehadap virus, Trojan, worm dan sebagainya. Jikalau antivirus anda tidak bagus, dan tidak kuat apalagi tidak update.. wah bisa kebobolan system anda. Ada beberapa software yang ketika masuk web ini langsung menghadang yaitu AVG antivirus dan Spyware Terminator. Semacam ‘warning’ anda mau meneruskan atau tidak ! soalnya web ini berisi Trojan, virus dan sebagainya.

Meskipun anda berhasil dapatkan cracknya, sebelum di install beberapa antivirus malah menangkapnya sebagai malware seperti backdoor, trojan, atau virus. Jadi rentan sekali bukan !!? Mungki masih ada yang belum mengerti istilah malware, virus, Trojan dan sebagainya. Baiklah pada kesempatan ini saya coba jelaskan sepengetahuan saya saja dan tentu dengan bahasa yang sederhana. Pengertian virus dalam kamus istilah computer adalah suatu program yang dimaksudkan untuk merusak sistem komputer anda tanpa sepengetahuan atau izin anda. Trojan adalah sebuah aplikasi yang didesain untuk melakukan sebuah kecurangan namun terselubung dengan kebaikan. Biasanya metode yang dipakai adalah dengan menyelipkan (attach file lewat e-mail) sebuah file tertentu yang mengandung Trojan Horse namun dengan kemasan menarik. Kalau Trojan Horse berhasil menginfeksi maka bisa dipastikan hacker bisa mendapat akses tak terhingga ke komputer korban. Tiga jenis Trojan Horse yang popular digunakan adalah Bac Orifice, NetBus, dan SubSeven. Spyware adalah software yang mengirimkan informasi mengenai perilaku seseorang dalam bersurfing di Internet, pads situs web yang is kunjungi. Software ini biasanya dimasukkan dalam program-program yang bisa didownload secara gratis dari Intern. Worm adalah program yang dapat mereplikasi dirinya dengan menggunakan media komputer. Sifatnya dekstruktif terhadap disk dan memori juga menyebabkan kerusakan pada sistem dan memperlambat kinerja komputer dalam mengaplikasi sebuah program dan diisebut juga virus.

Itulah sekelumit kisah/ sharing tentang antivirus dari saya dalam berburu antivirus. Percayalah, saya sudah mencoba berbagai cara atau trik yang ada di internet dari cara yang paling gampang sampai ke yang paling sulit yaitu melalui safe mode… tujuannya supaya antivirus tersebut bisa update. Kan lumayan, tidak usah mengeluarkan uang untuk beli software antivirus yang harganya $30 – $50. paling kita mengeluarkan uang untuk biaya ke warnet aja.. Namun apa mau dikata… hasilnya hemmm… tetap tidak bisa update…

Jadi menurut saya gunakan antivirus yang free saja, (baca juga artikel saya tentang antivirus free alias gratis). Usahakan antivirus tersebut sudah support virus lokal juga. Karena memang, Indonesia gudangnya pembuat virus lokal. Dari mulai brontok dan variannya sampai pada virus terbaru yaitu virus bungas (baca arikel tentang virus ini di PC media). Kelemahan antivirus free memang kemampuanya terbatas, kadang ‘file bersih’ disangka virus, trojan dan sebagainya. Namun, menurut saya lebih bagus artinya lebih waspada…

Di laptop saya menggunakan AVG Antivirus 8.5 Pro alias original, saya dapat internet ketika searching. Jadi AVG dalam masa promosi, dibagikan gratis hanya 145.000 orang yang beruntung. Alhandulillah saya dapat... sampai sekarang puas banget euy... semua virus dibabat habis, dan kebetulan saya gabung dengan PCMAV 2.0c terbaru... dahsyat.
Demikianlah sharing tentang antivirus, bukan bermaksud menggurui tapi berbagi ilmu pengetahuan… dan terus lah update pengetahuan kita… Untuk diketahui : materi ini sebenarnya sudah pernah saya bahas pada blog saya yang lain yaitu http://www.masopik.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Isi dengan kata-kata yang baik ya...