Sunday, May 10, 2009

Kembalikan Data yang di Hidden Virus


Suatu ketika saya pernah masuk ke sebuah warnet, saat itu saya sedang mencari data untuk penelitian. Pada saat memasukan flash disk ke port computer tersebut, virus langsung nyerang… dan apa yang terjadi kemudian ? computer hang.. semua data penting yang ada di flash disk berubah jadi nama virus… malah banyak banget kalo tidak salah nyampe 100 an lebih file yang saya sendiri tidak tahu… edan tenannnn… saya panik bukan maen.. semua data hilang… yah sudah pikir saya, mau diapain lagi… hari itu benar-benar sial..
Berhubung itu data penting, bagaimanapun saya berusaha untuk menyelamatkannya. Saya langsung cabut flash disk dan langsung pindah ke warnet sebelahnya yang memang setau saya disitu ada antivirusnya (kaspersky yang update terus)… Dipikiran saya saat itu, virusnya menjalar juga tidak apa-apa.. warnet ini. Saya langsung scan dengan Kaspersky, hasilnya virus kejaring sekitar 80 an virus… saya langsung delete… Karena tidak yakin flash disk sudah aman dan bebas virus… saya cabut langsung kerumah yang kebetulan di computer rumah antivirusnya Avira Antivir personal yang memang saya update… ternyata dapet lagi sekitar 15 an virus… masih penasaran juga, saya scan terakhir dengan PCmav edisinya saya lupa dan virus kejaring juga sekitar 5 virus…
Jadi total saya kena virus computer sekitar 100 an lebih. Lantas apa yang terjadi dengan flash disk saya ? Mungkin saking banyaknya virus, data di flash disk hilang… tapi aneh setiap di scan ada datanya… yang terpikirkan saat itu adalah semua file yang di flash disk dihidden atau disembunyikan virus… saya bingung saat itu gimana munculin data lagi… Akhirnya saya mencari di internet, tips dan trik serta saran yang didapat saya coba semua untuk mengembalikan dataya… dan sampai akhirya data di flash dsik kembali seperti semula… alhamdulilah…
Berikut tips dan trik bila anda mengalami kejadian seperti saya… saya berharap sih jangan sampe… Tapi kalo kejadian gimana ? Dimana-mana virus, lebih banyak dan cepet update virusnya ketimbang update antivirusnya… apalagi Indonesia tempatnya virus lokal… silakan coba… mudah-mudahan bermanfaat

Menghilangkan virus

Langkah Pertama
1. Baca Bismilah dulu biar segala sesuatu di ridhoi oleh Alloh
1. Pastikan antivirus terupdate
2. Masukkan flash disk ke PC atau Laptop
3. Jangan membuka kotak dialog yang muncul ketika flash disk dimasukkan ke PC atau laptop.
Langkah kedua
1. Buka windows Explorer atau My Computer
2. Klik kanan mouse di posisi drive flash disk, biasanya F:
3. Kemudian pilih scan virus sesuai anti virus yang digunakan (“ingat”, biasakan antivirus terupdate)

Mengembalikan data

Setelah virus benar-benar hilang dari flash disk, sekarang saatnya mengembalikan data yang disembunyikan (hidden). Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt, bisa dengan cara klik Start – Run- ketik cmd atau command (untuk Windows 98/ME).
2. Setelah terbuka jendela command prompt, kemudian ketik attrib -h -r -s -a /s /d f: (dengan catatan berada di drive C, sebagai contoh; C:\Documents and Settings\Papa> attrib -h -r -s -a /s /d f: )

3. Lalu setelah perintah tersebut diketikkan, kemudian enter.

4. Apabila langkah no. 2 tidak berhasil, anda pindahkan posisinya dari drive C ke drive flash disk (biasanya F), untuk memindahkan posisi drive, ikuti langkah berikut, apabila posisi flash disk di komputer atau laptop ada di drive F, maka (sebagai contoh); C:\Documents and Settings\Papa> F: kemudian enter maka akan pindah ke drive F:\>

5. Setelah berada di posisi drive flash disk kemudian ketik perintah yang sama dengan langkah no.2, namun untuk f: yang berada di belakang dihilangkan, sebagai contoh : F:\> attrib -h -r -s -a /s /d , kemudian enter.

6. Sesudah proses tersebut, sekarang coba cek folder atau file yang ada di flash disk.

7. Gunakan software Data Doctor Recovery Pen Drive untuk mengembalikan data tersebut.

Demikian pengalaman saya dalam menangani kejamnya virus komputer… bener-bener jahat sekaligus salut juga yang ngebuatnya… hebat yang bikin virus… hebat juga yang bikin antiviirusnya… paling tidak kita bisa belajar dari mana dan siapa saja… never late to learn.

Lain kali kalo ada kesempatan, saya sambung lagi di tips dan trik berikutnya… see u

No comments:

Post a Comment

Isi dengan kata-kata yang baik ya...